Rabu, 16 Juli 2008

Expert System

Pada saat ini banyak orang yang berkata bahwa Indonesia sedang mengalami krisis kepemimpinan. Semakin terpuruknya negara yang kaya akan hasil alam ini oleh krisis multidimensi disebut-sebut salah satu penyebabnya adalah karena pemimpin yang tidak cakap. Benarkah demikian? Bukankah ada kata-kata bijak bahwa seorang pemimpin adalah cerminan dari orang-orang yang dipimpinnya, jadi kalau pemimpinnya tidak cakap ya karena orang-orang yang dipimpinnya tidak berkualitas.

Ah, saya tidak akan berpolemik mengenai hal itu. Baik buruk para pemimpin kita itu perlu disikapi secara objektif. Melalui tulisan ini saya ingin kita semua belajar dari pemimpin-pemimpin kita tersebut.

Dalam bidang teknologi informasi dikenal suatu sistem informasi yang disebut dengan expert system. Secara ringkas, expert system adalah sistem berbasis pengetahuan dari para pakar yang bisa menyediakan ide-ide dari para pakar dan bertindak seperti konsultan bagi penggunanya. Jadi di sini pendapat para pakar/ahli (misal CEO perusahaan) dikelola, direkam dan dijadikan semacam arahan dalam mengatasi suatu permasalahan bisnis. Diharapkan dari expert system ini akan menjadikan perusahaan tersebut mempunyai daya saing tersendiri.

Saya kemudian berandai-andai sekiranya pengetahuan dan pengalaman dari para pemimpin negara kita ini bisa dikelola layaknya expert system tersebut. Menurut saya segala pengalaman, kelebihan, keberhasilan maupun kegagalan (dalam konteks situasi kala dia memimpin) dari para pemimpin kita dapat dijadikan pelajaran yang bagus terutama bagi para calon pemimipin dimasa datang. Tentu saja kalau dilakukan seperti expert system sudah tidak memungkinkan lagi karena terdapat beberapa pemimpin kita yang sudah wafat. Sudahlah kita tidak usah terlalu muluk-muluk dengan expert system tapi bisa kita lakukan dengan membuat semacam perpustakaan khusus tentang pemimpin-pemimpin tersebut. Segala data ataupun informasi tentang kelebihan-kekurangan, keberhasilan-kegagalan pada bidang-bidang tertentu dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari para pakar-pakar dibidang tersebut. Sebagai contoh keberhasilan-kegagalan dibidang politik dibuat oleh tim yang terdiri dari pakar-pakar politik, keberhasilan–kegagalan dibidang ekonomi dibuat oleh pakar-pakar dibidang ekonomi. Apabila ada ketidaksepakatan diantara para pakar-pakar tersebut tentang sesuatu hal maka ketidaksepakatan tersebut tetap harus ditambahkan dalam data-data yang ada. Saya kira dengan adanya hal ini akan menambah wawasan bangsa ini tentang pemimpinnya. Bagi seorang calon pemimpin maupun pemimpin yang sekarang berkuasa bisa mengambil pelajaran yang cukup lengkap tentang pemimpin-pemimpin terdahulu.

Cukup menarik bukan? Dalam bayangan saya akan banyak informasi yang bisa diperoleh seperti misalnya di bawah ini (sengaja yang saya tampilkan adalah hanya sisi positif dari pemimpin kita)
Bung Karno (BK)
Keberhasilan BK yang paling mencolok adalah mampu mengantarkan bangsa ini meraih kemerdekaannya. Semasa pemerintahan beliau jiwa nasionalisme bangsa masih sangat tinggi dan bisa dijaga. Mungkin jika beliau masih berkuasa tidak ada MNC yang menguasai sumber daya alam kita secara berlebihan.
Pak Harto
Beliau bisa mengatasi krisis ekonomi dalam waktu relatif singkat. Pada masa ini mulai diperkenalkan model pembangunan secara bertahap. Swasembada beras juga pernah dicapai dalam masa pemerintahan beliau.
Habibie
Masa pemerintahan beliau sangat singkat. Kebebasan pers mulai diperkenalkan. Beliau juga sanggup menurunkan nilai tukar rupiah yang pernah sangat terpuruk.
Gus Dur
Kebebasan pers mencapai puncaknya pada masa ini. Istana Negara seolah-olah berubah menjadi rumah kedua bagi para jurnalis.
Megawati
Presiden wanita pertama dalam sejarah Indonesia. Beliau juga terkenal sebagai presiden yang irit bicara. William R. Liedle, seorang Indonesianis asal AS pernah mengatakan bahwa Megawati adalah seorang yang pintar.
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Presiden pertama Indonesia yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Sampai saat ini beliau masih memimpin. Prestasi beliau yang yang bisa dicatat adalah tingkat penegakan hukum yang semakin baik. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknnya koruptor yang tertangkap.

Tapi apakah proyek ini visible untuk dilaksanakan? Wallahu’alam…

Tidak ada komentar: